SUMBER AIR YANG SEMAKIN TERANCAM AKIBAT BURUKNYA KONDISI SANITASI


Peringatan Hari Air Dunia (HAD) ke-16 tahun 2008 merupakan momentum bagi kita semua untuk selalu menjaga sumber air yang kita miliki. Peringatan HAD diharapkan tidak hanya sebagai seremonial tahunan dengan berbagai aktivitasnya, namun yang lebih penting adalah adanya kesadaran dan peran aktif masyarakat dalam menjaga sumber-sumber air baik kuantitas maupun kualitas yang dilakukan secara berkelanjutan.

Tema Sanitasi pada Peringatan HAD tahun ini memberikan kesadaran bagi kita bahwa sanitasi memiliki hubungan yang erat dengan air, tanpa ketersediaan air yang mencukupi kondisi sanitasi akan berdampak buruk terutama terhadap kesehatan, sebaliknya dengan kondisi sanitasi yang buruk akan berpengaruh terhadap kualitas sumber air seperti air permukaan (sungai) dan air tanah dangkal (sumur gali) yang pada akhirnya juga berdampak pada kesehatan masyarakat. Oleh karena itu sangatlah tepat bila peringatan HAD tahun ini menjadi momentum bagi kita semua untuk meningkatkan kualitas sarana sanitasi yang kita miliki tanpa harus menunggu upaya yang dilakukan oleh Pemerintah.

Upaya peningkatan kualitas sanitasi
Program Ayo Bersih-Bersih yang digulirkan oleh Bapak Walikota Bandar Lampung Eddy Sutrisno dalam kurun waktu dua tahun belakangan ini merupakan upaya untuk mengembalikan citra Kota Bandar Lampung sebagai Kota yang Bersih, Indah dan Sehat, hendaknya tidak hanya diartikan oleh masyarakat Kota Bandar Lampung hanya untuk membersihkan sampah yang ada di lingkungan rumahnya tetapi juga secara luas adalah upaya untuk meningkatkan kualitas sanitasi lingkungan pemukiman. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendefinisikan Sanitasi merupakan ” upaya pengendalian terhadap semua faktor lingkungan fisik manusia atau upaya menghilangkan efek negatif yang dapat mengganggu terhadap perkembangan fisik, kesehatan dan kelangsungan hidup manusia ”.

Melalui peningkatan kualitas fasilitas sanitasi seperti jamban keluarga, sarana pembuangan air limbah rumah tangga, sarana air bersih dan sarana pembuangan sampah diharapkan dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dengan demikian berbagai penyakit menular (seperti diare, demam berdarah, cikungya, thypus dan sebagainya) yang disebabkan oleh kualitas lingkungan yang buruk dapat ditekan seminimal mungkin.

Kota Bandar Lampung sebagai Ibukota Provinsi Lampung merupakan pusat kegiatan perekonomian, pendidikan, pemerintahan dan kebudayaan mendorong terjadinya laju pertambahan penduduk setiap tahunnya, kondisi ini sangat berpengaruh terhadap kualitas lingkungan perkotaan. Munculnya wilayah pemukiman kumuh perkotaan merupakan ekses dari Peran Kota Bandar Lampung sebagai Ibukota Provinsi.

Sanitasi yang buruk penyebab pencemaran air
Umumnya pada wilayah pemukiman kumuh fasilitas sanitasi yang dimiliki sangatlah terbatas dengan kualitas yang jauh dari standar kesehatan. Bisa kita lihat pada beberapa wilayah terutama pemukiman penduduk yang berada di sepanjang bantaran sungai masih terdapat rumah dimana sarana pembuangan tinja (jamban) berupa saluran pipa yang langsung dibuang ke aliran sungai tanpa ditampung melalui saptic tank, kondisi ini merupakan hal buruk dan jelas akan sangat berpengaruh terhadap kualitas perairan sungai yang bersangkutan.
Selain itu sarana pembuangan air limbah rumah tangga yang ada kondisinya tidak memadai dalam arti kata air limbah rumah tangga yang dihasilkan langsung dibuang begitu saja tanpa dilakukan pengolahan terlebih dahulu. Kondisi ini jelas akan sangat berpengaruh terhadap kualitas sumber air baik perairan sungai maupun air tanah dangkal (sumur) mengingat bahwa aiir limbah rumah tangga merupakan air buangan yang dapat berasal dari buangan kamar mandi, aktivitas dapur, cuci pakaian dan lain-lain yang mungkin mengandung mikroorganisme patogen dan berbagai senyawa kimia yang dapat membahayakan kesehatan manusia. Komposisi air limbah rumah tangga yang berasal dari pemukiman terdiri dari tinja, air kemih, dan buangan air limbah lain seperti kamar mandi, dapur, cucian yang kurang lebih mengandung 99,9% air dan 0,1% zat padat.

Hasil penelitian Feachem (1981) tentang kandungan bakteri menunjukkan bahwa air limbah rumah tangga terkontaminasi oleh tinja manusia. Disebutkan bahwa 38% dari streptococcus fekal yang diisolasi adalah enterococcus (Streptococcus faecalis, S. faecium dan S. durans). Sebagian besar enterococcus pada air mandi adalah S. faecalis var liquifaciens. Streptococcus bovis merupakan hasil isolasi 22% dari seluruh streptococcus.

Proses perlakuan air limbah tidak menghilangkan atau menginaktifkan semua mikroorganisme patogen. Banyak mikroorganisme terjebak di dalamnya atau teradsorbsi ke partikulat dan terkonsentrasi di dalam lumpur. Bakteri patogen dalam lumpur termasuk spesies dari Salmonella, Shigella, Campylobacter, Yersinia, Vibrio dan Escherichia coli (Bitton, 1994 dalam Chauret et al., 1999). Penyebaran penyakit waterborne salah satu sumber kontaminan potensial adalah masuknya air limbah ke dalam sumber air minum (Roach et al., 1993 dalam Chauret et al., 1999).

Sebagai mana kita ketahui bahwa tinja dan air limbah rumah tangga merupakan media penularan penyakit terutama bila telah mencemari sumber air bersih (sumur) yang digunakan oleh masyarakat. Umumnya masyarakat Kota Bandar Lampung masih banyak menggunakan sumur sebagai sumber air bersih (lebih dari 50% penduduk). Hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis pada tahun 2004 di tiga wilayah kelurahan berdasarkan tingkat kepadatan penduduk diketahui bahwa kualitas air sumur yang digunakan oleh masyarakat umumnya telah tercemar oleh bakteri E.coli dan Coliform. Indikator keberadaan bakteri E.coli dan Coliform menunjukkan bahwa sumber air yang digunakan oleh masyarakat telah tercemar oleh tinja dan air limbah rumah tangga.

Deterjen sebagai bahan pencemaran air
Selain itu menurunnya kualitas air baik air sungai maupun air tanah dangkal adalah sebagai akibat penggunakan bahan kimia dalam rumah tangga, salah satu diantaranya adalah Deterjen. Deterjen umumnya digunakan oleh setiap ibu rumah tangga untuk keperluan mencuci pakaian sehari-hari. Bisa kita bayangkan bila pada satu rumah tangga menggunakan deterjen minimal sebanyak 2 kg per bulan, maka untuk Kota Bandar dengan jumlah rumah pada tahun 2003 lebih kurang sebanyak 142.352 unit (RTRW Bandar Lampung, 2003), maka jumlah deterjen yang digunakan dalam satu bulannya sebanyak 284,7 ton dan untuk sepanjang tahun 2003 jumlah deterjen yang digunakan oleh masyarakat Kota Bandar Lampung sebanyak 3.416,4 ton deterjen. Penggunaan deterjen ini oleh setiap ibu rumah tangga dilakukan secara terus menerus dari tahun ke tahun. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan deterjen berbanding lurus dengan pertambahan jumlah penduduk. Menurut pembaca apakah deterjen memberikan dampak terhadap lingkungan terutama lingkungan perairan ?

Perlu anda ketahu bahwa bahan baku deterjen adalah bahan kimia sintetik, meliputi surfaktan, bahan pembangun dan bahan tambahan (Stoker dan Seager, 1977). Menurut struktur kimianya, molekul surfaktan dibedakan menjadi dua yaitu rantai bercabang (alkyl bensen sulfonat atau ABS) dan rantai lurus (linier alkyl sulfonat atau ALS). Sifat deterjen ABS merupakan jenis surfaktan yang pertama kali digunakan secara luas sebagai bahan pembersih yang berasal dari minyak bumi. Jenis ini mempunyai sifat yang tidak mudah diuraikan oleh bahan-bahan alami seperti mikroorganisme, matahari, dan air. Banyaknya percabangan ABS ini menyebabkan kadar residu ABS sebagai penyebab terjadinya pencemaran air. Sedangkan untuk deterjen LAS merupakan jenis surfaktan yang lebih mudah diuraikan oleh bakteri. Deterjen LAS mempunyai kemampuan berbusa maksimal rata-rata 10-30% bahan organik aktif. LAS juga menghasilkan busa yang dapat hilang secara berangsur-angsur sehingga tidak mengganggu lingkungan. Akan tetapi bahan polifospat dalam deterjen ini akan terhidrolisis menghasilkan limbah yang mengandung fosfor sehingga menyebabkan eutrofikasi.

Salah satu cara untuk megetahui apakah deterjen yang kita gunakan ramah lingkungan atau tidak adalah dengan cara merendam pakaian sehari semalam. Jika air yang digunakan untuk merendam menjadi busuk, maka ini cukup untuk sebagai indikator bahwa deterjen yang kita igunakan adalah deterjen yang tidak ramah lingkungan atau deterjen ABS. Secara umum pengaruh deterjen ABS terhadap lingkungan perairan antara lain adalah (1) menurunkan tegangan permukaan, (2) menyebabkan pertumbuhan ganggang, (3) pegemulsian minyak dan lemak, (4) meningkatkan kekeruhan air, (5) pendangkalan perairan dan (6) kematian mikro organisme perairan. Kadar toksik deterjen untuk fitoplankton berkisar 10 – 100 ppm, makrofita 0,8 – 100 ppm, crustacea dan analida 0,1 – 10 ppm, sedangkan untuk ikan berkisar antara 9 – 500 ppm. Kematian biota perairan akibat deterjen akan berdampak pada menurunnya oksigen terlarut dalam air (DO), kondisi demikian dapat disimpulkan bahwa perairan yang bersangkutan telah mengalami pencemaran.

Bila mencermati dampak negatif yang ditimbulkan oleh deterjen upaya apa yang kiranya dapat dilakukan ?. Apakah menghentikan penggunaan deterjen atau beralih ke produk lain. Rasanya tidak mungkin, karena para kaum ibu rumah tangga telah jatuh cinta pada penggunaan deterjen dalam mencuci, mengingat penggunaan deterjen mampu menghilangkan noda-noda yang melekat pada pakaian anggota keluarganya. Menutup pabrik deterjen, jelas hal yang mustahil, karena berjuta-juta penduduk Indonesia bergantung hidupnya dari deterjen, mulai dari pemilik modal, buruh pabrik, distributor hingga ke pengecer. Jadi kiranya apa yang dapat dilakukan?

Solusi penanganan air limbah rumah tangga
Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengendalikan dampak air limbah rumah tangga adalah dengan meningkatkan kualitas fasilitas sanitasi yaitu dengan membangun instalasi pengolahan air limbah rumah tangga (IPAL RT) dengan teknologi yang sederhana menggunakan berbagai media pengolahan, mungkin hanya itu yang dapat dilakukan oleh kita. Bila setiap rumah tangga dianjurkan untuk membangun IPAL rasanya sangat sulit penerapannya di lapangan karena berbagai alasan yang mungkin mereka sampaikan seperti keterbatasan lahan, besarnya biaya pembangunan dan sebagainya….dan sebagainya. Salah satu solusi yang kiranya tepat untuk dapat dilakukan adalah dengan membangun IPAL RT secara komunal yaitu satu IPAL RT diperuntukkan bagi beberapa rumah tangga, sehingga dengan model pembangunan IPAL seperti ini diharapkan dapat menghemat penggunaan lahan serta biaya pembangunannya.

Bagaimana dengan perumahan yang dibangun oleh Pengembang. Kiranya Pemerintah Kota Bandar Lampung sudah saatnya mengeluarkan peraturan perundang-undangan tentang kewajiban membangun sistem jaringan IPAL RT pada lokasi perumahan yang akan dibangun oleh pengembang, apakan melalui Peraturan Daerah atau Peraturan Walikota. Dengan demikian sumber air yang dimiliki oleh Kota Bandar Lampung kondisinya tidak semakin parah akibat buruknya kualitas sanitasi. Guna mewujudkan hal tersebut maka perlu kiranya peran aktif masyarakat yang dilakukan secara berkelanjutan dalam menjaga sumber air dan meningkatkan kualitas sanitasi terutama dilingkungan pemukimannya tanpa menunggu tindakan yang dilakukan oleh Pemerintah. Terima kasih.

Ir. Muhtadi A. Temengung, M.Si
Jl. Lada Vi No.49 perumnas Way Halim Bandar Lampung
HP. 0816843907

25 thoughts on “SUMBER AIR YANG SEMAKIN TERANCAM AKIBAT BURUKNYA KONDISI SANITASI

  1. Я хочу рассказать Вам, что в сети имеется немного действительно полезных сайтов, и один из них этот:
    http://gmsurf.ru/ – приват. Очень хорошо, что есть такие сайты.

    Suka

  2. Всем доброго времени суток! Сегодня нашел в интернете один замечательный ресурс. Вот посмотрите пожалуйста:
    http://cw7.ru/ – реклама на асфальте в спб. Это действительно то, что Вы искали.

    Suka

  3. Я хочу рассказать Вам, что в сети имеется немного действительно полезных сайтов, и один из них этот:
    http://sivs.ru – интересное из сети. Это действительно то, что Вы искали.

    Suka

  4. Всем привет. Наткнулся недавно на просторах интернета на аукцион Bonusmall , скандинавского типа.Там реально можно выиграть технику,смартфоны, ноутбуки со скидкой до 90%.Не верите!? Жмем и смотрим.) http://bonusmall.fo.ru/blog
    З.ы.Кстати , дарит 20 СТAВОК при регистрации !!!

    Suka

  5. скачать оперу 18 01 2014
    скачать бесплатно новую 2014 опиру
    скачать бесплатно opera 2014 года
    http://opera2014.com/ – opera mini википедии скачать 7 5 на телефон
    опера скачать новую2014
    скачать оперу 2014 на компьютер бесплатно для windows 7

    Suka

  6. Selling a really established contact with an extraterrestrial civilization of indekritov . As an evidence of a real contact – by phone will call UFO anywhere in the world . . interested in receiving extraterrestrial knowledge and technology , please refer to the data at the end of this page in the social network ” Vkontakte ” ” alexander black” ( as other Internet resources information Edward Snowdon viewed USA ) on this page posted photos and videos of previous cases of calling UFOs . Also there are recording and several witnesses of calling UFOs . one of the call was organized in Samara – also at the end of this ads. interested buyer can check the photos and videos for installation and rigging , as well as the witnesses to verify . but it is better to see for yourself , for real! price starts from 2 billion euros + fees and taxes. interested mediators UFO environment can add your interest rate . on this forum no debate will take place , all correspondence I ask have in Russian .I think, a real buyer can afford it . acquisition of knowledge and technology from aliens is organized the following way : The buyer contact transmits data about specific scientists and their research topics to aliens . those in their turn send information directly to the brain specific teachings of his category . because aliens are perfect at neiron communication .confirmation of connection with the aliens is going directly through the brain , i.e Communication by neural fields in the head and transmission this to the torsion fields have witnesses call UFOs and without technical devices directly by thought . these witnesses interested buyer also check on the polygraph .

    skype: gorodok gorodok, alexblack

    phone: +79277466222

    http://volshebnyi-magazin.narod.ru/

    http://vk.com/alexander_cherny

    продам реально установленный контакт с внеземной цивилизацией индекритов . в качестве доказательства контакта – вызову нло по телефону в любой точке мира . . заинтересованных в получении инопланетных знаний и технологий просьба обращаться по координатам в конце этого текста , страница в соц . сети ” в контакте” « александр черный » ( так как другие интернет ресурсы по информации эдварда сноудона просматриваются анб сша . ) на этой странице выложены фото и видео предыдущий случаев вызова нло . также , там есть отзывы нескольких свидетелей вызова нло . как был организован один из вызов нло в самаре – тоже в конце объявления координаты этого мероприятия в этой же соц . сети . заинтересованный покупатель может проверить фото и видео на предмет монтажа и фальсификаций , а так же проверить показания свидетелей на детекторе лжи . но лучше все увидеть самому , продемонстировав свою платежеспособность . цена вопроса начинается с 2-х миллиардов евро + выплаты и налоги . заинтересованные посредники из уфологической среды могут прибавить свои коммисионные в неограниченном количестве . на данном форуме дальше никаких дебатов вестись не будут , все переписку прошу вести на русском языке , по указанным ссылкам и координатам , думаю , реальный покупатель может себе это позволить . получение знаний и технологий от инопланетян организованно примерно следующим образом : покупатель контакта передает данные о конкретных ученых и тематике их исследований инопланетянам . те , в свою очередь направляют информацию напрямую в мозг конкретному ученому по его тематике . т.к. нейроныые коммуникации инопланетчиками освоины в совершенстве . в подтверждение связи с инопланетянами непосредственно через мозг , т.е. путем коммуникации нейронных полей в голове и передачи данный по торсионным полям есть свидетели вызова нло и без технических приспособлений , непосредственно силой мысли . этих свидетелей заинтересованный покупатель контакта так же может проверить на детекторе лжи .

    skype : gorodok gorodok , alexblack

    телефон : +79277466222

    http://volshebnyi-magazin.narod.ru/

    http://vk.com/alexander_cherny

    Suka

  7. Универсальные и специализированные аналогово-цифровые преобразователи (АЦП) и цифро-аналоговые преобразователи (ЦАП).

    Системы управления и сбора данных.

    Датчики для измерения постоянного и переменного тока и напряжения.

    Датчики вибрации, удара, силы, давления, акустической эмиссии

    и согласующие электронные устройства.

    Санкт Петербург

    Цуканов ЮВ

    Телефон 8-(812)-252 01-40

    E-mail: inf@autex.spb.ru

    http://www.autex.spb.ru

    Suka

  8. Как я счастлив, что нашел для себя этот сайт! Ведь только здесь можно найти вот это:
    [url=http://generator-klychey-alawar.com/aktivatori-igr-alawar/5-generator-klyuchey-alawar-2012.html]генератор кодов alawar[/url]. Удачи всем!

    Suka

  9. CV. LINGGATAMA CITRA PERKASA, Importir FUTSU BLOWER dan OXIFLEX Fine Bubble diffuser original Taiwan . Perusahaan kami bergerak melayani jasa: Disain, Pembuatan & Perawatan IPAL (WTP-STP-WWTP-dll) untuk limbah Domestik & pengadaan alat MEKANIKAL dan ELECTRICAL.
    Proyek yang kami telah ditangani adalah :
    1. EXTEND IPAL RS ISLAM CEMPAKA PUTIH Cap : 600 m3/day
    2. Supply Fiberglass BIOTECH BIOMASTER to RUSUNAWA PROJECT MARUNDA cap 150 m3/day ( 2 set Blok)
    Bila anda berminat Hub :

    CV.LINGGATAMA CITRA PERKASA
    ,Jl. Delman Asri VII. No 1, Tanah kusir Jakarta Selatan.
    Tel : 021-71644359,7290172,98281284. Fax : 021-7291364
    Up. Sinulingga
    Email :citraperdatam@yahoo.com

    IPAL (WTP-STP-WWTP-dll) untuk limbah Domestik dan Industrial.
    Disamping itu, kami juga melayani penjualan: Suku cadang, Asesoris & Equipment untuk kebutuhan IPAL

    Suka

  10. yth bapak muhtadi

    memang masalah sanitasi adalah masalah yang kompleks, tapi tidak berarti tidak ada solusi atas permasalahan yang timbul. bukan saja kegiatan domesti, tapi kegiatan industri juga memberikan kontribusi besar dalam menambah beban pencemaran. sayangnya banyak industri, hotel, rumah sakit bahkan pengelola gedung kurang konsisten mengolah limbah cair mereka; hal ini lebih pada aspek pembiayaan. biaya pengelolaan limbah cair yang tinggi, butuh lahan yang luas, rumit dalam penangannya dll. kami menawarkan solusi untuk itu, kami menawarkan produk kimia pengolah limbah cair, sangat efektif dan efisien.tidak membutuhkan inventory besar, sederhana dalam aplikasi dan sudah terbutki mampu menghemat biaya pengolahan limbah cair lebih dari 20%.hubungi kami jika ada yang merminat; 022 7502678
    terima kasih atas perhatian

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s