HASIL INVESTIGASI TIM KNKT


Penyebab Tabrakan KA. Limex dan KA. Babaranjang di Bandar Lampung

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) sampai pada kesimpulan akhir penyebab kecelakaan KA di Bandar Lampung pada Sabtu (16/8) lalu yang menewaskan tujuh. Pertama, tabrakan antara KA penumpang Limex Sriwijaya dan KA Babaranjang disebabkan orang disebabkan kesalahan Kepala Stasiun KA Labuhan Sutrisno (45). Kedua, banyaknya rumah di sekitar rel yang menghalangi jarak pandang masinis

Kesimpulan didapat setelah Tim KNKT yang beranggotakan tujuh orang dan diketuai oleh Koensabdono menyelesaikan pengumpulan data dan fakta di lapangan sejak Minggu (17/8) sampai kemarin. Selain itu Tim KNKT juga meminta keterangan dari Sutrisno yang telah ditetapkan Poltabes Bandar Lampung menjadi tersangka.

Sama dengan yang disampaikan kepada polisi sebelumnya. Dihadapan Tim KNKT, Sutrisno mengaku dirinya lupa menginformasikan kepada masinis KA Limex Sriwijaya Subandrio bahwa di jalurnya ada KA babaranjang yang sedang berhenti. Sutrisno mengatakan, dirinya memberikan sinyal masuk KA babaranjang yang datang dari Stasiun Tanjungkarang menuju Tanjungenim, Sumatera Selatan. Ia juga mengirimkan sinyal berhenti untuk KA Limex Sriwijaya dari arah Kertapati, Palembang menuju Stasiun Tanjungkarang. Saat itu, KA Limex berada disekitar Stasiun Rejosari, Natar, Lampung Selatan.

Sutrisno berpikir dirinya akan mengirim sinyal aman kepada Stasiun Rejosari sehingga KA Limex bisa memasuki jalur tiga Stasiun Labuhanratu. Sebab, KA Babaranjang berada di jalur dua. ” Entah mengapa tindakan saya berbeda dengan pikiran, saya justru memasukkan KA Limex ke jalur dua yang sudah ada KA Babaranjang, ” ujar Sutrisno sambil menangis.

(Sumber :  Radar Lampung, 20/08)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s