MENCARI DAN MENGETAHUI NIDN (Nomor Induk Dosen Nasional)

Posted: 14 September 2008 in Uncategorized
Tags:

Logo dosen Recycling

Logo dosen Recycling (Photo credit: Wikipedia)

Untitled-1

Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN ), dimiliki oleh setiap pengajar di perguruan tinggi di seluruh Indonesia.Bagi pengajar yang belum mengetahui NIDN-nya berapa, bisa mencarinya pada website ini : evaluasi.or.id khususnya halaman pencarian data (http://evaluasi.dikti.go.id/epsbed/dosen) dosen berdasarkan nama, NIDN, nama institusi atau lewat kriteria lain.

Misalnya kita ingin mencari NIDN untuk dosen bernama Muhtadi A. Temenggung, caranya buka halaman (http://evaluasi.dikti.go.id/epsbed/dosen) selanjutnya isi kolom pengisian nama dosen misal data yang kita miliki nama dosen, maka kita isi kolom nama dosen  dengan nama Muhtadi Arsyad Temenggung.  Maka muncul data Muhtadi Arsyad Temenggung yang kita cari.

Di website ini anda bisa juga mencari dan menemukan detail sebuah perguruan tinggi lengkap dengan berbagai data-datanya pada bagian pencarian data perguruan tingginya.   Oke, selamat mencoba.

Sumber :  http://republikbm.blogspot.com/

About these ads
Comments
  1. Biafra says:

    Bagaimana mencari perguruan tinggi tempat dosen tersebut menerima gelarnya? Maksud saya, adakah situs yang menunjukkan seorang dosen lulusan perguruan tinggi mana?

    Terima kasih banyak.

  2. Buat Biafra …..

    Untuk mencari perguruan tinggi tempat dosen yang bersangkutan memperoleh gelar sarjana, saat ini saya belum memiliki atau mengetahunya, mohon maaf.

    Terima kasih atas kunjungannya di Weblog kami.

  3. hasyeem says:

    hmmm ini post yang mayan bagusnya, tapi bagiman cara untuk mendapatkan sebuah NIDN bagi dosen yang belum emndapatkan NIDN mohon jawabbnya…
    atas jawabannya terima kasih

    salam kenal
    Muhammad Hasyim

  4. TOLONG DONG GMN CARI NIDN SAYA, DOSEN STKIP BANTEN

  5. sugi says:

    tolong kirim nomor induk dosen
    Sugiyanto,SE,MM
    STIE Bisnis Indonesia

  6. aryo pratomo says:

    maaf pak, saya ingin bertanya.
    ibu saya dosen tidak tetap di akademi kebidanan, beliau ingin mendaftarkan.
    namun nama ibu saya telah terdaftar di situs itu dan di depdikbud tanpa sepengetahuan ibu saya.
    kalau ingin mengadu kemana yah pak.
    terima kasih sebelumnya.

  7. ahmad ridho rojabi says:

    apa sebenarnya fungsi NIDN untuk dosen luar biasa di perguruan tinggi

  8. VICTOR EMANUEL,SH says:

    tolong tanyakan NIDN kami atas nama Victor Em,anuel.SH dari STKIP Persada Khatulistiwa Sintang Propinsi Kalimantan Barat. terima kasih

  9. sugiyanto says:

    Pencariaan Nomor Induk Dosen dari STIE Bisnis Indonesia

  10. sri rahayu says:

    Benarkah NIDN saya sudah terbit?

  11. yuswo supatmo, Drs. M.Kes. says:

    saya dosen tetap (pns) sejak 1993 di UNDIP. Ketika saya cari NIDN saya kok ndak ada, bagaimana cara supaya dapat nomor NIDN saya ? terimakasih.

  12. Sri Yulaikah, S. Psi says:

    Ass. Mohon bantuannya, Saya Dosen di Univ. Yudharta Pasuruan, sekarang Dosen di NTB. Saya dulu punya NIDN, saya taunya waktu down load di Intenet, kesalahan saya waktu itu, saya tidak catat berapa nidn saya, sekarang saya cari lagi dan down load lagi sudah tidak muncul lagi. yang jadi pertanyaan saya, apakah nidn saya sudah di hapus, atau nidn itu perlu diperpanjang, kalau demikian gimana untuk menghidupkan lagi nidn saya. terimakasih. wass

  13. Muh. Rajab, ST. says:

    Gimana sarat untuk memperoleh NIDN..?Mohon petunjuk..???

  14. Muh. Rajab, ST. says:

    Ass.Mohon bantuannya, Saya Dosen Arsitektur di Univ. Haluoleo Kendari.Kpengen ngurus & pux NIDN jg.
    tpi sy agak kbingungan, olehnya itu tolong arahannya.

  15. Mustafa Ismail says:

    Bapak minta tolong saya lupa NIDN saya, dulu saya memori di HP, begitu rusak ikutan hilang. Kemarin saya brows ada trouble. Trim”s

  16. Ahmad Tawakkal Paturusi,SH says:

    Kepd Yth Kordinator Kopertis Wilayah 9
    di- Tempat
    Ass.wb.wbrkt….
    Bersama surat elektronik ini sy sampaikan bahwa pengurusan NIDN di Kopertis Wil.9 yg bapak pimpin sekarang sangat BOBROK dan KACAU hal ini sy sampaikan berdasarkan pengalaman sy yg telah memasukkan berkas lengkap dengan seluruh persyaratan-persyaratannya terhitung sejak 7 (tujuh) bulan yg lalu tetapi sampai sekarang NIDN sy belum juga diterbitkan atau dengan kata lain di Input di Website resmi Kopertis (evaluasi.or.id).
    Demikian penyampaian dan keluhan hati sy.harapan sy mudah-mudahan di waktu-waktu berikutnya seluruh kopertis pd umumnya dan Wil.9 khususnya dapat bertindak dan bekerja secara profesional.Amin
    Hormat,ku…..

    • andi nurhikmah ola daeng cora,S.pd,MM says:

      iya…repot juga yah NIDN di kopertis wil IX agak lambat apa memang seluruh kopertis mengalami hal yang sama atau keterlambatan di jakarta?

  17. James Sinurat says:

    Saya dosen di Universitas Nusa Bangsa, Bogor. Saya sudah memiliki NIRD tetapi belum mempunyau NIDN. Bagaimana caranya memperoleh NIDN tersebut. Mohon bantuan, terima kasih.

  18. mohammad taufiq, SE, MM says:

    kirim NIDN saya dari STIE Gotong Royong

  19. Dear Goodmorning,

    Please i am very sorry for disturbing your comfort,please let this not be a surprise to you because i prayed with three days fasting before you were revealed to me hence i am contacting you for help that you will also benefit from it, i am very honestly with you,and i demanded honesty as well from you.

    I am Miss Naomi Manford, My father and mother were very wealthy farmers and cocoa merchant in Republic of Somalia when they were both live.After the death of my father, long ago, my mother was controlling his business until she was poisoned by her business associates which she suffered and died.

    Before the death of my mother on June 2005 in a private hospital here in Cotonou Benin republic where she was admitted because of the On going War in my country Somalia, she secretly called me on her bed side and disclosed to me about the sum of Nine Million Five hundred thousand U.S Dollars ($9.5 Million) which she deposited in one of the Financial Bank here in Cotonou, BENIN REPUBLIC for safe keeping. It was the money she intended to transfer oversea for investment before she was poisoned.

    She also instructed me that i should seek for a foreign partner in any country of my choice who will assist me to retrieve this fund and transfer it to trusted oversea account where the money will be save and assist me invested wisely. But because of the WAR in my country Somalia, we decided to move down here to Cotonou Benin Republic for our life safety.

    Therefore, i am crying and seeking urgently for your kind sincere assistance on the following ways:-
    (1) To help me with all sincerity and honesty willingly without Grudges

    (2) To provide a safe bank account where the money will be moved into for investment.

    (3)To serve as guardian of this fund since i am a girl of 23 years.

    (4)To make arrangement for me to come to your country to further my education and to secure legal papers for me in your country.

    I am awaiting for your reply

    Thanking you in advance,

    Yours lovely,

    Miss Naomi Manford

  20. ade says:

    tolong tanggapi NIDN dosen STKIP Banen

  21. ade says:

    NIDN Pak Yanuar Syauky

  22. ade says:

    NIDN : Ir. Sony Koeswara, M.SiE

  23. kartono says:

    Thanks for the information, its really gave me help sir! BRAVO

  24. kartono says:

    Sekalian cara sharing info urus kepangkatan? sudah tiga tahunan jadi dosen tapi malas sekali urus kepangkatan. where should I start?

  25. syiahbuddin says:

    NIDN……………??????

  26. Deni Asballah, S.Pd.,M.Psi says:

    sangat baik, terus pertahankan dan aku nyari teman yang suka meneliti alias suka mendalami dunia reset.

  27. abdul latif lubis says:

    NIDN saya koq belum keluar…..

  28. rita says:

    apa sebenar nya fungsi dari NIDN??
    dan jika kita sudah tidak aktif ngajar,,apakah akan berdampak buruk pada kita, yakni salah menggunakan legalitas NIDN kita yang masih terdaftar di perguruan tinggi tersebut,
    Terimakasih atas reply nya.
    sangat di harapkan jawaban dari web ini.

  29. putri says:

    saya mencari nid ayahku
    a.n. Drs.Pandapotan Tambunan, M.Pd.

  30. putri says:

    saya mencari nid ayahku
    a.n. Drs.Pandapotan Tambunan, M.Pd.
    dosen kopertis wilayah 1 Medan

  31. Hotma Rumahorbo says:

    Pak, gimana caranya mendapatkan NIDN ? mkasih pak

  32. SAMARAN,S.Sos says:

    saya Dosen FIA. Univ. LAKIDENDE UNAAHA. Saya mau bertanya apakah NIDN saya sudah ada, karna saya sudah ajukan kelengkapan administrasi atau syarat pengurusan NIDN di kopertis wilaya IX sebanyak dua kali. Mohon tanggapanya segera.

  33. Selamat says:

    Mohon ditampilkan NIDN saya

  34. Feri Hari Utami, S.Kom.MM says:

    Ass.
    Bagaimana Cara Mendaftarkan NID Karna Saya Belum Punya, Kopertis III Palembang.

  35. formuna says:

    Saya adalah dosen tetap di STIP Wuna, dokumen pengurusan NIDN sudah dikirim tapi ketika saya cari tidak diketemukan,kawan saya yang mengurus bersamaan dengan saya NIDN nya sudah keluar, bagai mana cara mencari untuk memastikan kalau berkas saya sudah dikirim?

    Trims

  36. amna says:

    Bapak2 dan ibu2 dosen yang ingin mengetahui NIDN-nya dapat dilihat di website ini:

    http://evaluasi.dikti.go.id/epsbed/dosen

  37. amna says:

    Bapak2 dan ibu2 dosen yang ingin mengetahui NIDN-nya dapat dilihat di sini:

    http://evaluasi.dikti.go.id/epsbed/dosen

  38. sutrisno hadi says:

    Yth. Mas Tumenggung……….. kalau buat blok, konsekuen dong, itu yang tanya udah numpuk ditanggapi dulu, Nuwun ya….

  39. indah says:

    ini kan cuma kl mo cek NIDN dosen yang dibawah Dikti, kl yang di bawah Depag..? situs apa yg bisa kita buka / gmn cara ngeceknya… mohon bantuannya.. trims..

  40. mohon maaf baru saat ini semua pertanyaan rekan2 diposting ini bisa saya jawab, cara mencari NIDN seperti yang saya jelaskan diatas, seandainya NIDN teman2 belum bisa ditemukan, silakan konfirmasi ke DIKTI karena yg mengeluarkan NIDN adalah DIKTI, sayaa hanya membantu mencarikannya saja lewat cara yang saya sebutkan diatas. Sekali lagi, bila NIDN anda belum ditemukan berarti DIKTI belom memproses hingga tuntas. Terima kasih.

  41. Yth : Mas Muhtadi,

    Saya Oslida Martony, Sudah mempunyai NIDN : 112036402, saya terdaftar di Yayasan Medistra Lubuk Pakam , sedangkan saya Dosen Di Politeknik Kesehatan Kemenkes Medan,. Bagaimana caranya pindah perguruan tinggi ?
    atas jawabannya , saya ucapkan terima kasih.

  42. cakra says:

    wah thank you banget pak, cuma sayang laman tersebut nggak pernah diupdate lagi, jd dosen yg NIDN nya keluar tahun berikutnya nggak bisa ngakses deh..

  43. Ratna Dewi says:

    mohon info NIDN terbaru…..(mulai Agustus 2010) ya….terima kasih.

  44. jumari ustiawaty says:

    katax NIDN sy dah kluar tp ko di cek ga bs ya….knp??? informasix di update ampe yang tahun 2011 ini biar jelas

  45. anggi says:

    assalammualaikum…
    saya dari STIKes CND langsa….,
    saya ingin bertanya bagaimana mendapatkan NIDN itu sendiri tanpa pengurusan melalui Institusi tempat saya bekerja?
    krn sudah setahun saya ajukan permohonan pengurusan NIDN ditempat saya sampai akhirnya ditolak..
    Mohon bantuannya
    trmksh..

  46. an says:

    maturnuwun, Pak..infonyaa…
    benar-benar bermanfaat ^^

  47. SELAMAT KARO-KARO says:

    SAYA INGIN TAU NIDN SAYA. MOHON INFORMSASINYA

  48. ali says:

    kalau saya sudah mempunyai nidn, tapi tidak tahu universitas mana yang mendaftarkan saya untuk tahunya bagaimana pak

  49. tolooooooong,,, susah banget nich saya dapet NIDN, padahal saya sudah sangat butuh. bisa bantu ga? kemarin aja beasiswa dah ampir gol, eeeh gara-gara NIDN tak ada pe hari ini lom cair, batal deh.

  50. oya lupa, saya mengajar di STKIP Muhammadiyah Kuningan, dah 1 th saya mengajukan Nidn tapi lom muncul juga. brangkali ada cara lain supaya cepat turun. infonya sangat saya tunggu,,,

  51. ningrum says:

    mohon dijelaskan Aturan baru pembuatan NIDN skrng seperti apa?
    katanya ada aturan baru tuk S1 blm bisa dapet NIDN kecuali dah Jopung. sedangkan persyaratan Jopung harus punya NIDN.

  52. sugeng says:

    hello,
    1) no NIDN saya 0025056403 SUGENG IRIYANTO, PENATA III C .LEKTOR., PT 005-005 POLITEKNIK NEGERI SEMARANG.
    2) Namun data saya yang terkini (benar) adalah SUGENG IRIANTO (mekakai “i” bukan “y”), PENATA TK I GOL III D, LEKTOR KEPALA.
    3) Bisa minta tolong agar oleh admin web ini data saya diperbaiki (dimutakhirkan)? terimakasih banyak.

    salam

    sugeng irianto

  53. Nendra says:

    Pak Muhtadi, kebetulan saya sedang nyariin NIDN suami, sekalian aja saya coba liatin NIDN yang nanya ya.kayanya emang susah nyarinya kalo lagi jaringan lagi lola

  54. hanum says:

    assalamualaikum pak Muhtadi…saya mau tanya ni,,,saya dulu tahun 2010 pernah masukin lamaran ke salah satu PTS di kota saya…tetap sampai Maret 2012 ini saya tdk mendapatkan panggilan atau konfirmasi apaun dari PTS yang dulu pernah saya lamar….baru akhir maret 2012 kemarin saya coba2 buka website dan saya cari NIDN saya, ternayta NIDN saya udah keluar,,,,tetapi saya tidak dikonfirmasikan oleh pihak PTS tersebut,,,sekarang saya jg belum pernah mengajar,,,jadi apa saya bisa mengajar di PTS tersebut?? kan saya udah punya NIDN?? mohon balasannya,,,segera,,,krn kalo udah punta NIDN kan sudah bisa mengajar…terima kasih pak…

    • NIDN biasanya diusulkan oleh PTN atau PTS dimana kita mengajar, lucu banget klo Anda yang baru melamar sebagai dosen di PTS bersangkutan dan belum diterima sebagai dosen pengajar, tapi nama Anda sudah diusulkan oleh PTS yang bersangkutan untuk mendapatkan NIDN dan ternyata NIDN yang diusulkan sudah keluar. Ada baiknya Anda klarifikasi ke PTS yg menjadi homebase Anda sesuai dengan data yang tertera pada NIDN Saudara, karena NIDN juga menyebutkan PTN/PTS dimana Anda mengajar. Jgn sampai PTS yang bersangkutan hanya memanfaatkan data Anda dan mengklaim bahwa Anda adalah dosen-nya.

  55. Juniati Kala Padang says:

    Mau tau NIDN saya atas nama Juniati Kala Padang, dosen di UNIVERSITAS VICTORY SORONG. Trimakasih ats bantuannya

  56. elvy says:

    Terima kasih atas websitenya pak..

  57. Mohon maaf sebelumnya kepada rekan2 yang sudah memberikan komentar pada posting NIDN ini. Perlu saya jelaskan bahwa untuk posting NIDN yang saya buat ini hanya untuk memudahkan kita melihat berapa NIDN kita seandainya memang NIDN kita telah dikeluarkan oleh DIKTI Kemendiknas RI, seandainya belum ada atau tidak muncul ada dua kemungkinan: 1). NIDN anda memang benar2 belum dikeluarkan oleh DIKTI atau 2). sudah dikeluarkan namun DIKTI belum mengupdate data di-web tentang NIDN yang DIKTI keluarkan.

    Untuk lebih jelasnya ada baiknya, rekan-rekan menanyakan langkung ke Kopertis Wilayah Perguruan Tinggi Saudara, demikian terima kasih.

    Wassalam,

    Muhtadi A. Temenggung, M.Si
    NIDN. 0210087101

  58. boy says:

    Mohon tanya, saya sudah 2,5 tahun mengurus perpindahan NIDN dari PTS A ke PTS B, kenyataanya saya di pingpong Baik Universitas A dan B, pertanyaanya, saya sudah dapat apa yang di syaratkan evaluasi dikti yang ada di internet kedua-duanya sudah saya penuhi, tapi secara elektronik di internet masih saja keluar PTS A, tolong beri solusinya dan apakah pindah memerlukan secara elektronik dan administrasi?

  59. Dr. Wahyudi says:

    Saya mau tanya. Dalam daftar tersebut, NIDN saya adalah 0013026802, namun NIP saya keliru, yaitu tertulis 19680216 200112 1002, seharusnya adalah 19680213 200112 1002. Bagaimana cara membetulkan? Dari Dr. Ir. Wahyudi, MP. Terima kasih

  60. @ Dr. Wahyudi >>>> untuk perbaikan data Saudara, kiranya Saudara dapat menyampaikan ke Kopertis dimana Universitas Saudara berada, demikian terima kasih.

  61. rita untari says:

    saya mau bertanya : apakah yang bisa mempunyai NIDN itu hanya dosen di bawah UPT Diknas? saya dosen di Politeknik Kesehatan Kemenkes Surakarta. mohon infrmasinya

  62. lisa says:

    Klu ingin mencari nidn alamat website evaluasi.dikti.go.id pilih tab. data evaluasi PT. klik penelusuran data dosen dan masukkan nama saudara kemudian klik telusur. klu nidn saudara ada maka data saudara akan di lihatkan, tp klu nidn saudara tidak ada maka saudara harus mendaftar ke dikti. terimaksih.

  63. Martono says:

    Ass… mohon petunjuk, saya melihat dari daftar NIDN kebetulan yang sama dengan nama saya banyak sekali, tetapi ada 2 nama yang tidak ada nama perguruan tinggi dan gelarnya. di situ hanya ada sebagai tenaga pengajar. bagaimana caranya agar kita bisa melihat secara rinci nama, gelar serta perguruan tinggi. masalahnya saya takut kalau2 ijazah saya disalahgunakan oleh oknum yng tidak bertanggung jawab untuk keuntungan pribadinya. terima kasih.

  64. Imam Santoso says:

    Asswrwb,…….salam kenal pak.
    Maturnuwun sekali untuk alamat link-nya pak, sangat bermanfaat. semoga sukses selalu buat bapak & keluarga……..aamiin yra.

    wasswrwb,
    imam santoso
    FT Arsitektur Universitas Merdeka Malang

  65. sihindun arumi says:

    tolong carikan nidn saya atas nama Sihindun Arumi, S.Pd., M. Hum dosen di Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo prodi pendidikan bahasa Inggris. dulu sy pernah mengecek nidn saya sdh keluar tp ini sy cek lg kok tdk bisa trmksh

  66. muhammad idris says:

    tolong dicekkan kebenaran data NIDN saya. di blog resmi sekolah tinggi ilmu pertanian puangrimaggalatung sengkang yang kemudian di print oleh ketua sekolah tinggi NIDN saya 0915038304 atas nama Muahmmad Idris di bawah naungan kopertis wil ix. tapi setelah saya cek di web site yang bapak rekomendasikan nama dan no NIDN saya tidak muncul. terima kasih sebelumnya atas bantuannya.

  67. zahraini yumna says:

    Kalau saya NIDN berapa pak?
    Zahraini Yumna Yunan. Dosen Univ. Muhammadiyah Jakarta

  68. sihindun arumi says:

    terimakasih byk pak muhtadi atas bantuannya

  69. Adi Hariri says:

    Nama saya Hariri dari Kabupaten Bekasi Propinsi Jawa Barat. NIDN saya baru diaplikasikan melalui sebuah institusi di wilayah IV, tapi saya belum tahu! Sudah dicoba cari melalui situs yang bpk sarankan tapi belum berhasil. Bisa bantu, berapa NIDN saya?

  70. Muhsyanur Syahrirmu says:

    Berbagi itu indah,
    Salam,..
    Makasih atas kesempatannya utk saling berbagi…. Yg ingin sy tanyakan, bagimana syarat- syarat untuk mendapatkan pangkat akademik???

    Muhsyanur Syahrir

  71. ali firdaus says:

    mudah banget mencari dan mendapatkan nidn, jika ada temen pengajar di pt yg tentunya sdh didaftarkan oleh pt ybs

  72. Oh my goodness! Awesome article dude! Thank you so much, However I am having problems
    with your RSS. I don’t know the reason why I am unable to join it. Is there anyone else having similar RSS issues? Anybody who knows the solution can you kindly respond? Thanks!!

  73. yanto says:

    matur tengyu

  74. weugregorius@yahoo.com says:

    Assww bpa….mnta maaf bpa…sya GREGORIUS WE’U dsen tetap di Universitas Flores…dta kelengkapan untuk mendpatkan NIDN sudah dimasukan 2 thun llu.bersma tmn2 yang lain.smentara itu NIDN tmn2 sudah kluar dan hanya saya yang NIDN blum kluar.mohon saya dikonfirmasi.trima kasih.

  75. prasetyo amana says:

    assalamualaikum pa saya minta bantuan, nidn dosen saya yang bernama Dr. Ikaputera Waspada, M.M di Universitas Pendidikan Indonesia susah nemu nya, server yang dikasih bapa juga eror setelah saya coba, mohon bantuannya ya pa..
    wassalamualaikum

  76. saya Fakhry Zamzam, Dosen pada UNISTI Palembang, saya mempunyai NIDN ada dua, pertama yaitu NIDN 0229105401 kemudian mendapatkan lagi NIDN.9902006243. mana yang sebaiknya saya gunakan.

  77. Jamaris AM says:

    Saya pernah mengajar selama 16 Semester pada Jurusan Pendi. Bhs. Inggris STKIP Abdi Pendidikan Payakumbuh, dan sudah pernah punya NIDN. Tetapi sekarang saya nggak bisa lagi melacak NIDN saya itu. Mohon ditampilkan lagi NIDN Dosen-dosen STKIP Abdi Pendidikan Payakumbuh. Terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s