15 Oktober 2008, Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Se-Dunia I


Tuesday, 14 October 2008
ctps.jpgPentingnya perilaku sehat Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) untuk mencegah penyebaran penyakit-penyakit menular seperti diare, ISPA dan Flu Burung, belum dipahami masyarakat secara luas, dan prakteknya pun masih belum banyak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Padahal perilaku CTPS terbukti merupakan cara yang efektif untuk upaya kesehatan preventif. Untuk investasi sebesar Rp. 30,000 misalnya, efek CTPS bagi kesehatan setara dengan Rp. 100,000 biaya yang harus dikeluarkan untuk membangun toilet, dan Rp.1,800,000 untuk pengelolaan air minum, serta miliaran rupiah untuk biaya imunisasi.Seiring kenyataan tersebut, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan tahun 2008 sebagai Tahun Sanitasi Internasional, dan menyerukan perlunya upaya untuk meningkatkan praktek higien dan sanitasi di seluruh dunia. Kegiatan “Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia” merupakan perwujudan dari seruan tersebut dan ditetapkan pelaksanaannya secara serentak pada tanggal 15 Oktober 2008. Pada tingkat global, HCTPS ini diperkenalkan oleh the Public-Private Partnership for Handwashing with Soap (PPP-HWWS), suatu koalisi kemitraan international yang terdiri dari: Unicef, USAID2, WSSCC3, LSTM4, Centers for Disease Control and Prevention, JHU5, Water ad Sanitation Program, Care International, Unilever and Procter & Gamble.

Kegiatan ini akan menjadi kegiatan tahunan dan melibatkan banyak negara. Tahun ini merupakan pelaksanaan yang pertama kali dan akan menjadikan Indonesia sebagai salah satu dari 20 negara di dunia yang akan melakukan cuci tangan pakai sabun secara serentak pada tanggal 15 Oktober mendatang. Negara-negara tersebut adalah: China, Indonesia, India, Bangladesh, Vietnam, Pakistan, dan Filipina di Asia; Madagaskar, Afrika Selatan, Uganda, Kenya, Mesir, Mali dan Ethiopia di Afrika; Kolombia, Peru, Nikaragua, dan Mexico di Amerika Latin, serta negara lain seperti Amerika Serikat dan Inggris.

Tujuan utama Hari Cuci Tangan Pakai Sabun 2008 adalah meningkatkan kesadaran berperilaku (awareness raising), dan perlunya Advokasi (advocacy). Tujuan itu dibagi dua, yakni:
Tujuan jangka panjang:
1. Meningkatkan kesadaran akan pentingnya perilaku CTPS, khususnya:
a) Kesadaran akan segi positif dan manfaat dari CTPS
b) Kesadaran untuk meningkatkan praktek CTPS di berbagai negara
2. Mendorong dan menciptakan advokasi dikalangan pemangku kepentingan dan pembuat kebijakan.
3. Menggalang komitmen dari berbagai pemangku kepentingan untuk menciptakan lingkungan yang    memungkinkan peningkatan praktek cuci tangan pakai sabun.

Tujuan jangka pendek:
1. Untuk menciptakan platform pembentukan koalisi HCTPS yang bekerja sama untuk pelaksanaan HCTPS setiap tahunnya.
2. Untuk meningkatkan kesadaran tentang CTPS pada tingkat lokal maupun global.
3. Untuk menginspirasi tumbuhnya komitmen berbagai negara terhadap program CTPS.

Fokus HCTPS tahun 2008 adalah anak sekolah sebagai “Agen Perubahan”. Sedangkan kelompok sasarannya adalah primer: wartawan/media, guru, pejabat pendidikan, pembuat keputusan politis/kebijakan, dan anak sekolah; sekunder: umum/publik, kelompok komunitas, kelompok perempuan, kalangan bisnis, tokoh agama, academia, dan selebritis

Tantangan HCTPS Tahun 2008 adalah pemecahan rekor “jumlah terbesar anak sekolah mencuci tangan pakai sabun pada hari yang sama pada 20 negara yang berbeda”. Tantangan ini bertujuan untuk  menciptakan keseragaman kegiatan kunci bagi seluruh negara yang berpartisipasi, menciptakan kreatifitas, memacu kompetisi positif antar negara peserta, serta membuat HCTPS sebuah hari yang menyenangkan.

Sumber :  http://www.sanitasi.or.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s