Bin Laden Akan Investasi Di Sektor Pertanian Indonesia, Lampung sebagai Daerah yang Bagus untuk Pengembangan dan Budidaya Pertanian


Selasa, 18-11-2008 | 20:29:08 WIB

Bin Laden akan ke Indonesia. Tetapi, bin Laden yang dimaksud bukanlah Usama bin Laden, Sang Mujahid Abad ini. Namun, perusahaan yang tergabung dalam Binladen Group-lah yang akan masuk Indonesia. Kelompok usaha asal Arab Saudi Binladin Group siap mengucurkan dana sekitar US$ 2 miliar untuk komitmen investasi di sektor pertanian di Indonesia.

“Studi pengembangan investasi di proyek pertanian diperkirakan rampung sebelum akhir tahun (2008), sehingga tahun berikutnya tinggal realisasi,” ujar Utusan Khusus Presiden untuk Timur Tengah, Alwi Shihab di kantor Kementerian Negara BUMN, Jakarta, Selasa (18/11).

Sebelum menemui Menneg BUMN Sofyan Djalil, Alwi menjelaskan untuk melakukan studi Binladin Group telah menunjuk tim ahli dari Perancis.

“Studi meliputi pengembangan proyek pertanian seluas 10 ribu hektar yang dijadikan pilot project dari rencana total investasi sekitar 500 ribu hektar,” katanya.

Kelompok usaha Binladin Group ini memang menyatakan minatnya ingin berinvestasi di sektor pertanian khususnya pangan (beras) seluas 500 ribu hektar. Alwi menjelaskan, langkah Binladin membuka lahan proyek percobaan untuk mengetahui kondisi dan kemungkinan munculnya kendala dalam investasi mereka.

Namun mantan Menteri Luar Negeri ini tidak menyebutkan nilai investasi untuk pilot project itu. Ia hanya menjelaskan bahwa Indonesia memiliki sejumlah lokasi potensial untuk pengembangan tanaman pangan seperti Kendari, Sulawesi Tengah.

“Kalau menurut Anda ada daerah yang bagus pengembangan dan budidaya pertanian tolong beritahu kami, seperti Lampung dan daerah lainnya,” ujarnya. (fkr/inlh)

Sumber : Muslimdaily.net

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s