MATERI MATA KULIAH ANALISA DAMPAK LINGKUNGAN


https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-9181362755273913

Analisa Dampak Lingkungan (Environmental Impact Analysis) merupakan telaahan secara cermat dan mendalam tentang dampak penting suatu kegiatan yang direncanakan.  Dampak (Impact) adalah setiap perubahan yang terjadi dalam lingkungan akibat adanya aktivitas manusia.  Analisa Dampak Lingkungan merupakan bagian dari Proses Penyusunan Dokumen AMDAL.

Sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, AMDAL adalah kajian mengenai dampak penting suatu usaha dan/atau kegiatan yang direncanakan pada lingkungan hidup yang diperlukan bagi proses pengambilan keputusan tentang penyelenggaraan usaha dan/atau kegiatan.

Mengapa para mahasiswa Teknik Sipil  wajib mengikuti mata kuliah Analisa Dampak Lingkungan. Hal ini dikarenakan pekerjaan-pekerjaan konstruksi skala besar seperti pembangunan gedung, jembatan, bendungan, perkantoran, kawasan perdagangan, dan sebagainya diyakini akan berdampak terhadap lingkungan.  Pemahanan terhadap Analisa Dampak Lingkungan perlu didasari atas pemahaman terhadap ilmu ekologi, juga termasuk ilmu lingkungan, ilmu kesehatan lingkungan dan ilmu teknik lingkungan.

Ilmu lingkungan adalah bidang akademik multidisipliner yang mengintegrasikan ilmu fisikabiologikimiaekologiilmu tanahgeologisains atmosfer, dan geografi untuk mempelajari lingkungan, dan solusi dari permasalahan lingkungan. Ilmu lingkungan menyediakan pendekatan interdisipliner yang terintegrasi dan kuantitatif untuk mempelajari sistem lingkungan.[1]

Kesehatan lingkungan merupakan cabang dari ilmu kesehatan masyarakat yang mencakup semua aspek alam dan lingkungan yang mempengaruhi kesehatan manusia. Kesehatan lingkungan berfokus pada kealami dan penciptaan lingkungan yang memberikan keuntungan pada manusia. Sub disiplin dari kesehatan lingkungan antara lain ilmu lingkungan, kesehatan dan keselamatan kerja, toksikologi dan epidemiologi.

Teknik Lingkungan adalah sebuah program studi yang berusaha untuk menyelesaikan permasalahan lingkungan dengan pendekatan teknologi. Teknik Lingkungan dijabarkan sebagai pemikiran keteknikan dan keterampilan dalam memecahkan masalah pengendalian lingkungan yang menyangkut penyediaan air minum; sistem pembuangan dan pendaurulangan buangan cair, padat, dan gas; sistem drainase perkotaan dan desa serta sanitasi lingkungan; pengendalian pencemar dan pengelolaan kualitas air, tanah, dan udara; serta pengendalian dan pengelolaan dampak lingkungan.

MATERI ==> MATA KULIAH ANALISA DAMPAK LINGKUNGAN
INSTRUMEN ANALISA DAMPAK LINGKUNGAN
  1. AMDAL
  2. KONSEPSI DAMPAK LINGKUNGAN
  3. KAJIAN ASPEK KESMAS DALAM AMDAL
  4. ADKL-1
  5. UU Peng Lingk Hidup (No.32 Th.2009)
  6. PENCEMARAN
  7. Tech Pengolahan Limbah B3
  8. METODE AMDAL
  9. Sumber Daya Alam
  10. PTL
KULIAH VIRTUAL (ZOOM ROOM)
MATA KULIAH ANALISA DAMPAK LINGKUNGAN
 
 

%d blogger menyukai ini: