Pengantar Teknik Lingkungan


Teknik Lingkungan adalah Salah satu cabang ilmu teknik yang merekayasa usaha-usaha dan perlindungan terhadap lingkungan dari kerusakan-kerusakan akibat kegiatan manusia, perlindungan terhadap manusia dari pengaruh negatif faktor lingkungan dan peningkatan kualitas lingkungan untuk mencapai kesehatan dan kesejahteraan umat manusia.

Profesi dengan latar belakang ilmu pengetahuan dan teknologi pengolahan meminimalkan pencemaran lingkungan serta pengelolaan lingkungan guna memecahkan masalah desinsentif satu usaha dan upaya melalui penelitian dan pengembangan yang menghasilkan kualitas lingkungan dan pembangunan secara berkelanjutan (Tjokrokusumo, 1990).

Semula bidang ilmu Teknik Lingkungan berada di bawah profesi bidang ilmu Teknik Sipil, yang merupakan pilihan dan berada di bawah cabang ilmu Teknik Penyehatan (Sanitary engineering). Di beberapa negara yang dibawah pengaruh USA, bidang ilmu teknik penyehatan ini menjadi spesialisasi bagi mereka yang akan studi lanjut di strata dua. Di negara koloni Inggris, profesi ini disebut teknik kesehatan masyarakat (public health engineering). Sekitar tahun 1968 nama teknik penyehatan dan teknik kesehatan masyarakat berubah menjadi teknik lingkungan (environmental engineering).

Bahan Perkuliahan :

%d blogger menyukai ini: